PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KASUS CEREBRAL PALSY SPASTIC QUADRIPLEGI TIPE FLEKSI DENGAN MODALITAS NEURO SENSO DAN NEURO DEVELOPMENTAL TREATMENT (NDT)

Dublin Core

Title

PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KASUS CEREBRAL PALSY SPASTIC QUADRIPLEGI TIPE FLEKSI DENGAN MODALITAS NEURO SENSO DAN NEURO DEVELOPMENTAL TREATMENT (NDT)

Creator

REMA AYU TESALONIKA

Description

Cerebral Palsy Spastic Quadriplegi Tipe Fleksi adalah gangguan postur dan kontrol gerakan yang bersifat non progresif yang disebabkan oleh karena lesi atau perkembangan abnormal pada otak yang sedang tumbuh atau belum selesai pertumbuhannya yang mengenai pada keempat ekstremitas dan klonus yang terjadi pada anggota gerak bawah. Pada tahun 2010 sebanyak 0,09% anak umur 24-59 bulan menderita Cerebral Palsy.Tujuan penulisan Karya Tulis Ilmiah ini untuk mengetahui manfaat penatalaksanaan Fisioterapi metode Neuro Senso dan Neuro Developmental Treatment pada kasus Cerebral Palsy Spastic Tipe Fleksi. Metode Kaya Tulis Ilmiyah ini menggunakan metode studi kasus yang dilakukan di YPAC Surakarta pada tanggal 2 Maret 2020 sampai 13 Maret 2020, yang penatalaksanaannya dilakukan sebanyak 2 kali. Untuk mengatasi gangguan sensoris dan refleks primitif menggunakan metode Neuro Senso berupa stimulasi tactil, usapan angka satu, usapan angka 8, usapan bintang bergelombang, myofascial release, contract strecth serta tendon guard. Metode yang kedua menggunakan Neuro Developmental Treatment merupakan latihan terapi yang menekankan mengembalikan gerakan normal dan menghambat tonus otot abnormal. Dari penatalaksanaan Fisioterapi pada kasus Cerebral Palsy Spastic Quadriplegi Tipe Fleksi dengan menggunakan modalitas Neuro Senso dan Neuro Developmental Treatment belum didapatkan hasil yang diharapkan karena adanya keterbatasan waktu terapi namun terdapat peningkatan pada kemampuan fungsional saat mengangkat kepala. Saran untuk orangtua pasien agar lebih sering melakukan terapi secara rutin dan terapi sendiri seperti yang telah diajarkan oleh terapis.

Kata Kunci : Cerebral Palsy, Neuro Senso, Neuro Developmental Treatment

Date

2020

Skripsi - KTI Item Type Metadata

NIM

30617031

Program Studi

D3 Fisioterapi

Kode Item

FT3/20/028

Collection

Citation

REMA AYU TESALONIKA, “PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KASUS CEREBRAL PALSY SPASTIC QUADRIPLEGI TIPE FLEKSI DENGAN MODALITAS NEURO SENSO DAN NEURO DEVELOPMENTAL TREATMENT (NDT),” Institut Ilmu Kesehatan BW Kediri, accessed October 25, 2021, https://oasis.iik.ac.id:9443/repo/items/show/9087.