“FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS PEMBENTUKAN KOLAGEN DAN SEL FIBROBLAS SERUM EMULSI DAN NANOEMULSI DARI MINYAK BIJI KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI KOSMETIKA ANTI AGING”

Dublin Core

Title

“FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS PEMBENTUKAN KOLAGEN DAN SEL FIBROBLAS SERUM EMULSI DAN NANOEMULSI DARI MINYAK BIJI KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI KOSMETIKA ANTI AGING”

Creator

SYEREN VENESIA RASJID

Description

Sinar UV merupakan salah satu penyebab penuaan pada kulit dan dapat diterapi dengan antioksidan sehingga mampu merangsang pembentukan kolagen
dan sel fibroblas. Minyak Biji Kelor mengandung asam oleat dan asam linoleat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Formulasi serum minyak biji kelor sebagai kosmetik antiaging digunakan dengan dua macam yaitu nanoemulsi dan emulsi sebagai pembanding. Dibuat dengan sediaan nanoemulsi diharapkan sediaan mampu berpenetrasi melewati epidermis yang mempunyai pori pori kecil dan menuju tempat kerjanya yaitu dermis. Nanoemulsi tidak menunjukkan masalah pada ketidakstabilan seperti creaming, flokulasi dan sedimentasi karena ukuran globulnya yang sangat kecil sehingga menyebabkan penurunan gaya gravitasi. Desain penelitian ini adalah true experimental design. Uji mutu fisik meliputi uji organoleptis, pH, dan ukuran droplet dan Uji aktivitas meliputi pembentukan kolagen dan sel fibroblast.

Date

2019

Skripsi - KTI Item Type Metadata

NIM

10115051

Program Studi

S1 Farmasi

Kode Item

FM1/19/106

Collection

Citation

SYEREN VENESIA RASJID, ““FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS PEMBENTUKAN KOLAGEN DAN SEL FIBROBLAS SERUM EMULSI DAN NANOEMULSI DARI MINYAK BIJI KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI KOSMETIKA ANTI AGING”
,” Institut Ilmu Kesehatan BW Kediri, accessed February 21, 2024, https://oasis.iik.ac.id:9443/repo/items/show/7582.