DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius roxb) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Porphyromonas gingivalis SECARA IN-VITRO (Penelitian Eksperimental Laboratoris)

Dublin Core

Title

DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius roxb) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Porphyromonas gingivalis SECARA IN-VITRO (Penelitian Eksperimental Laboratoris)

Creator

ACHMAD DANI RIDWAN ASADULLOH

Description

Latar Belakang: Porphyromonas gingivalis adalah salah satu penyebab utama periodontitis kronis, bakteri ini berkoloni dalam jaringan mulut dan tumbuh serta berkembang pada biofilm subgingiva. Penggunaan tumbuhan untuk pengobatan telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, dikarenakan obat-obatan dari tumbuhan mempunyai harga yang murah, mudah didapat, dan efek samping relatif kecil. Tanaman yang diduga memiliki sifat antibakteri adalah daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius roxb). Kandungan daun pandan wangi yang meliputi flavonoid, alkaloid, saponin, tanin, dan polifenol diduga memiliki kontribusi terhadap aktivitas antibakteri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat ekstrak daun pandan wangi terhadap pertumbuhan bakteri Porphyromonas gingivalis. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental laboratoris dengan desain penelitian post test only control group design. Pada penelitian ini ekstrak daun pandan wangi dibagi menjadi 8 konsentrasi yaitu 100%, 50%, 25%, 12,5%, 6,25%, 3,12 %, 1,56%, dan 0,78 %, serta kontrol negatif aquadest steril. Untuk meneliti daya hambat pertumbuhan bakteri Porphyromonas gingivalis digunakan metodi difusi cakram. Data dianalisis dengan uji parametrik One-way ANOVA hipotesis diterima jika p < 0,05, serta dilakukan uji lanjut LSD (Least Significant Difference) untuk mengetahui kelompok yang memiliki perbedaan bermakna secara statistik. Hasil: penelitian ini menunjukan ekstrak daun pandan wangi dengan konsentrasi 12,5%-100% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Porphyromonas gingivalis, sedangkan pada konsentrasi 0,78% - 12,5% tidak ditemukan daya hambat bakteri. Hasil uji parametrik One-way ANOVA didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai tersebut < 0,05. Kesimpulan: Berdasar hasil analisis data, disimpulkan bahwa ekstrak daun pandan wangi dapat menghambat pertumbuhan bakteri Porphyromonas gingivalis. Konsentrasi paling kecil ekstrak daun pandan wangi dalam menghambat pertumbuhan bakteri Porphyromonas gingivalis adalah 12,5%, sedangkan daya hambat paling optimal pada konsentrasi 100%.

Kata kunci : Daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius roxb), Porphyromonas gingivalis

Date

2019

Skripsi - KTI Item Type Metadata

NIM

10615012

Program Studi

S1 Kedokteran Gigi

Collection

Citation

ACHMAD DANI RIDWAN ASADULLOH, “DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius roxb) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Porphyromonas gingivalis SECARA IN-VITRO (Penelitian Eksperimental Laboratoris),” Institut Ilmu Kesehatan BW Kediri, accessed February 21, 2024, https://oasis.iik.ac.id:9443/repo/items/show/5698.