PERBEDAAN EFEKTIVITAS DAYA ANTIJAMUR EKSTRAK DAUN KETEPENG CINA (Cassia alata l.) DENGAN NYSTATIN TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans (Literature Review)

Dublin Core

Title

PERBEDAAN EFEKTIVITAS DAYA ANTIJAMUR EKSTRAK DAUN KETEPENG CINA (Cassia alata l.) DENGAN NYSTATIN TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans (Literature Review)

Creator

GUSTI NGURAH OKA DWI CAHAYA

Description

Dalam rongga mulut terdapat lima spesies Candida yaitu Candida albicans, Candida tropicalis, Candida krusei, Candida parapsilosis, Candida guilliermondi. Dari kelima spesies tersebut Candida albicans yang sering dijumpai pada rongga mulut. Candida albicans merupakan flora normal yang berada di tubuh manusia bersifat oportunistik terjadi karena sistem imun tubuh seseorang mengalami penurunan. Infeksi yang disebabkan oleh Candida albicans dapat di obati dengan menggunakan obat antijamur salah satu nya yaitu nystatin. Dalam kedokteran gigi penggunaan topikal nystatin dianggap paling efektif dalam menyembuhkan kandidiasis oral karena paparan sistemik yang minimal. Selain itu terdapat obat tradisional yang dipercaya oleh masyarakat sebagai obat antijamur yaitu daun ketepeng cina (Cassia alata l.). Daun ketepeng cina (Cassia alata l.) memiliki aktivitas antijamur. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat kimia yang terdapat dalam tumbuhan tersebut. Daun ketepeng cina (Cassia alata l.) mengandung fenolik, tannin, flavonoid, saponin, terpenoid, steroid, dan alkaloid. Masyarakat beranggapan bahwa penggunaan obat tradisional relatif lebih aman dibandingkan obat sintesis. Tujuan: Mengetahui perbedaan efektivitas daya antijamur ekstrak daun ketepeng cina (Cassia alata l.) dengan nystatin terhadap pertumbuhan Candida albicans. Metode: Desain penelitian ini yaitu Literature Review, pengumpulan jurnal berbagai literature dengan menggunakan situs jurnal terakreditasi yaitu Google Schoolar yang dapat diakses fulltext dan diterbitkan mulai dari tahun 2010-2020. Hasil: Berdasarkan analisis yang dilakukan pada 8 sampel penelitian, nystatin adalah obat antijamur yang paling efektif terhadap pertumbuhan Candida albicans dibandingkan dengan ekstrak daun ketepeng cina oleh karena mekanisme kerjanya yang berikatan langsung dengan ergosterol pada membran sel jamur. Kesimpulan: Terdapat perbedaan efektivitas daya antijamur ekstrak daun ketepeng cina (Cassia Alata L.) dengan nystatin terhadap pertumbuhan Candida albicans.

Date

2020

Skripsi - KTI Item Type Metadata

NIM

10617044

Program Studi

S1 Kedokteran Gigi

Kode Item

KG1/20/060

Collection

Citation

GUSTI NGURAH OKA DWI CAHAYA, “PERBEDAAN EFEKTIVITAS DAYA ANTIJAMUR EKSTRAK DAUN KETEPENG CINA (Cassia alata l.) DENGAN NYSTATIN TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans (Literature Review),” Institut Ilmu Kesehatan BW Kediri, accessed May 25, 2024, https://oasis.iik.ac.id:9443/repo/items/show/11076.