EFEK PERENDAMAN GIGI TIRUAN BERBASIS RESIN AKRILIK DALAM EKSTRAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans (LITERATURE REVIEW)

Dublin Core

Title

EFEK PERENDAMAN GIGI TIRUAN BERBASIS RESIN AKRILIK DALAM EKSTRAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans (LITERATURE REVIEW)

Creator

ADITA KIARA SINDHI

Description

Gigi tiruan merupakan salah satu perawatan yang digunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang. Upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersihan gigi tiruan dari kontaminasi Candida albicans yaitu dengan merendam gigi tiruan ke dalam bahan pembersih gigi tiruan, salah satunya dapat menggunakan ekstrak bunga rosella. Hal ini dikarenakan bunga rosella memiliki kemampuan sebagai antijamur, yang didalamnya terdapat kandungan flavonoid yang dapat digunakan sebagai penghambat pertumbuhan Candida albicans. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas perendaman ekstrak bunga rosella dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans pada gigi tiruan berbasis resin akrilik. Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Hasil: Perendaman gigi tiruan berbasis resin akrilik pada ekstrak bunga rosella efektif dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans. Kesimpulan: Ekstrak bunga rosella yang digunakan sebagai bahan pembersih gigi tiruan berbasis resin akrilik efektif dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans.

Date

2020

Skripsi - KTI Item Type Metadata

NIM

10617003

Program Studi

S1 Kedokteran Gigi

Kode Item

KG1/20/057

Collection

Citation

ADITA KIARA SINDHI, “EFEK PERENDAMAN GIGI TIRUAN BERBASIS RESIN AKRILIK DALAM EKSTRAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans (LITERATURE REVIEW),” Institut Ilmu Kesehatan BW Kediri, accessed May 25, 2024, https://oasis.iik.ac.id:9443/repo/items/show/11073.